Stasiun-Maja-2016-5

Stasiun Maja (MJ) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak. Stasiun yang terletak pada ketinggian +40M ini berada di Daerah Operasi I Jakarta. Saat ini, Stasiun maja merupakan tempat persilangan bagi kereta api yang akan menuju arah Jakarta atau Stasiun Rangkasbitung dikarenakan jalur dari arah Cikoya dan arah Rangkasbitung masih single track. Stasiun Maja merupakan stasiun terminus atau disebut juga Stasiun akhir bagi jaringan KA Commuter Jabodetabek relasi Tanah Abang – Maja.

Direncanakan pengerjaan double track dan elektrifikasi akan dilanjutkan lagi sampai ke Stasiun Rangkasbitung pada tahun 2016. Pada tahun 2014, Ditjen Perkeretaapian Kemenhub membuat bangunan baru yang nantinya akan digunakan sebagai Stasiun Maja yang baru. Bangunan yang mempunyai dua lantai tersebut berdiri megah disisi timur stasiun maja yang saat ini masih beroperasi.

 Stasiun-Maja-2016-3Existing Stasiun Maja yang merupakan bangunan cagar budaya.

Stasiun-Maja-2016-2

Emplasemen Stasiun Maja

Stasiun-Maja-2016-4

Disebelah timur bangunan stasiun maja, sedang dibangun gedung baru stasiun untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamana pengguna kereta api.

Stasiun-Maja-2016-1

Pengembangan stasiun maja dengan dibangunnya unit bangunan baru disebelah bangunan existing.