Lokomotif BB305

Lokomotif BB305 adalah lokomotif diesel tipe hidrolik yang dibeli oleh perusahaan swasta di Indonesia untuk menarik gerbong barang. Lokomotif BB305 dibeli oleh pabrik kertas PT Kertas Leces (berada di Probolinggo, Jawa Timur) sebanyak 6 unit (BB305 01 – BB305 06) dari 2 pabrik yang berbeda. 3 unit BB305 (BB305 01, BB305 02, BB305 03) didatangkan dari pabrik Jenbacher (Austria) sedangkan 3 unit BB305 (BB305 04, BB305 05, BB305 06) didatangkan dari pabrik CFD (Perancis). Pabrik kertas PT Kertas Leces merupakan salah satu pabrik kertas tertua di Indonesia yang didirikan pada tahun 1939.

Lokomotif BB305 digunakan untuk menarik gerbong barang yang berisi produk kertas atau bahan baku kertas, seperti jerami dan ampas tebu. BB305 juga digunakan untuk menarik gerbong barang yang mengangkut bahan bakar minyak dari pelabuhan Probolinggo ke pabrik gula Sembrono (berada di Tanggul, Banyuwangi). Pabrik gula Sembrono membayar jasa pengangkutan bahan bakar minyak ke PT Kertas Leces dengan ampas tebu sisa produksi pabrik gula. BB305 berada di Dipo Lokomotif Jember.

BB30505

BB305 (BB305 04, BB305 05, BB305 06) made by CFD (France), Photo Courtesy of Hanafi

Lokomotif BB305 buatan pabrik Jenbacher (Austria) memiliki dimensi lokomotif yang berbeda dengan BB305 buatan pabrik CFD (Perancis). Perbedaan mendasar adalah BB305 buatan pabrik CFD (Perancis) memiliki dua kabin masinis sedangkan BB305 buatan pabrik Jenbacher (Austria) hanya memiliki satu kabin masinis. BB305 buatan pabrik Jenbacher (Austria) memiliki kapasitas bahan bakar 2000 liter sedangkan BB305 buatan pabrik CFD (Perancis) memiliki kapasitas bahan bakar 2900 liter. Perbedaan lainnya, tangki air pada BB305 buatan pabrik Jenbacher (Austria) berada di dekat kabin masinis sedangkan tangki air pada BB305 buatan pabrik CFD (Perancis) berada di antara dua bogie.

Untuk spesifikasi teknis mesin, baik BB305 buatan pabrik Jenbacher (Austria) maupun BB305 buatan pabrik CFD (Perancis) tidak ada perbedaan, motor dieselnya bertipe MTU 12 V 652 TB 11, berat 52 ton, daya 1550 HP (horse power) dan dapat mencapai kecepatan maksimum 120 km/jam serta menggunakan transmisi hidrolik Voith L 720 rU2.

Tahun 1998, pabrik kertas PT Kertas Leces mengalami kesulitan keuangan sehingga operasional BB305 dialihkan untuk menarik kereta penumpang rute Banyuwangi – Surabaya dan rute Banyuwangi – Malang. Karena tidak tersedianya suku cadang, lokomotif BB305 harus mengakhiri masa tugasnya pada tahun 2006. Dari 6 unit lokomotif BB305, saat ini tersisa 3 unit saja yaitu BB305 03, BB305 04 dan BB305 06  yangberada di Balai Yasa Yogyakarta. Saat ini semua lokomotif BB305 tidak dapat dioperasionalkan lagi.

BB305 (BB305 01) made by Nippon Sharyo (Japan), Photo Courtesy of M Widodo

BB305 (BB305 01) made by Nippon Sharyo (Japan), Photo Courtesy of M Widodo

Selain BB305 milik pabrik kertas PT Kertas Leces, masih ada 1 unit BB305 milik pabrik semen PT Semen Nusantara (kini bernama PT Holcim). Lokomotif ini mulai operasional pada tahun 1976 dan salah satu keunikannya yaitu diberi nomor yang sama dengan salah satu nomor lokomotif BB305 milik PT Kertas Leces yaitu BB305 01, walaupun keduanya memiliki dimensi lokomotif yang berbeda. Lokomotif BB305 ini dibeli dari pabrik Nippon Sharyo (Jepang).

Lokomotif ini digunakan untuk langsir gerbong barang yang berisi semen di pabrik semen PT Semen Nusantara dan stasiun Cilacap (Jawa Tengah). Lokomotif ini hanya memiliki 1 kabin masinis. Lokomotif BB305 ini memiliki motor diesel Komatsu-cummins NRTD 6-B1, berat 35 ton, berdaya 335 HP (horse power) dan dapat mencapai kecepatan maksimum 50 km/jam. Saat ini lokomotif BB305 01 berada di stasiun Karang Talun (Cilacap, Jawa Tengah) dan sudah tidak dapat dioperasionalkan la