IMG_0024

Kereta Api (KA) Soeltan Deli ini ada 2 buah, Soeltan 1 sebenarnya mulai dinas tanggal 28 September 1930, pada tanggal 28 April 2006 oleh PT KA (Persero) Divisi Regional I Sumatra Utara dilakukan penyehatan (retrofit) dengan mengubah bodi dan interiornya. Kini KA Soeltan Deli I bernomor U-83301 dan sekarang dipergunakan untuk kereta inspeksi para pejabat PT KA serta untuk melayani wisata juga. Kereta Soeltan 1 di salah satu ujungnya diberi kaca seperti Kereta Nusantara sehingga penumpang bisa menikmati pemandangan. Kereta ini berkapasitas 18 orang, memiliki ruang utama untuk rapat atau kumpul-kumpul sambil menikmati musik ataupun nonton film karena kereta ini dilengkapi pula dengan TV LCD, toilet dan tentu saja kereta ini berpendingin udara (AC).

 

Test_Run_Sultan_1
Interior kereta Soeltan 1.
  
 
SULTAN-IW
Eksisting Kereta Soeltan 2.

Kereta Soeltan 2 sebenarnya mulai dinas tanggal 25 Januari 1932, kereta ini pernah mengalami perbaikan pada tanggal 28 Maret 2002. KA Soeltan 2 yang bernomer IL-7 berwarna putih dan hijau ini masih orisinil dan tersimpan di Balai Yasa Pulubrayan. Interior kereta klasik ini dilapisi kayu yang dipelitur rapi dan dilengkapi sejumlah lampu antik dengan bingkai terbuat dari kuningan. Satu set perabotan meja dan kursi dari kayu melengkapi ruangan duduk dengan kaca jendela yang luas di salah satu ujungnya.

 

BY_PUB_3
Interior Kereta Soeltan 2.

Seluruh permukaan kursi dilapisi busa empuk dibungkus kain berwarna krem yang lembut. Sebuah kemewahan klasik yang menyenangkan. Di balik ruang duduk tersedia ruang sholat, kamar tidur mini, dapur, dan kamar mandi. Sementara di ujung kereta tersedia ruang duduk kecil, konon ruang ini diperuntukkan bagi penjaga Sultan yang akan mengawal sepanjang perjalanan.