Wisma Graha Parahyangan Bandung

Graha Oarahyangan yang dulunya dikenal dengan nama Wisma Parahyangan didirikan pada tahun 1927. Pada era Kolonial Belanda, Graha Parahyangan merupakan tempat tinggal dari seorang Warga Negara Belanda bernama M.A.J Kelling yang bekerja sebagai pengusaha swasta dibidang property pada saat itu. Arsitek dari Graha Parahyangan bernama J.C.J Piso, dan kemudian akhirnya menjadi tempat tinggal pejabat kereta api. Bukti bahwa bangunan itu adalah peninggalan pemerintah Hindia Belanda karena masih menyisakan sebuah Plakat.

graha parahyangan 5Plakat Pembuatan Graha Parahyangan Tahun 1927

Letak Graha Parahyangan sendiri diraasa cukup strategis dan nyaman. Selain itu lokasinya dekat dengan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) dan tidak jauh dari pusat keramaian kota Bandung (Jawa Barat). Graha Parahyangan berada di Jalan Dayang Sumbi 10, Kota Bandung 40132. Dari letaknya yang strategis disudut persimpangan jalan maka dapat dipastikan banyak orang yang akan melihat keindahan dan keunikan bangunan gedung ini dibandingkan dengan bangunan gedung sekitarnya.

graha parahyangan 2Ruang Pertemuan Yang Berada Didalam Graha Parahyangan

Bangunan Graha Parahyangan memiliki beberapa fungsi antara lain ruang pameran museum dan galeri benda perkeretaapian, ruang rapat dan pertemuan, ruang pesta serta ruang kafe. Masyarakat dapat menyewa ruangan yang ada di dalam Graha Parahyangan untuk berbagai kegiatan seperti pameran, rapat/meeting, pesta taman maupun pesta pernikahan.