Progress Revitalisasi Kawasan Museum Ambarawa 2015

Cikal bakal Museum Kereta Api Ambarawa berawal dari dibangunnya Stasiun Kereta Api di daerah Ambarawa yang dekat dengan Benteng Willem I pada tahun 1873. Tujuan utama dibangunnya stasiun ini juga terkait dengan operasi militer Belanda pada waktu itu, yakni untuk mempermudah mobilitas tentara dari satu tempat ke tempat yang lain. Pada tahun 1970an ketika era lokomotif uap mulai digantikan dengan lokomotif diesel, beberapa lokomotif uap kemudian dikumpulkan di Stasiun Ambarawa, sehingga pada tahun 1976 Stasiun Ambarawa beralihfungsi menjadi Museum Kereta Api Ambarawa. Tidak hanya lokomotif uap yang menjadi ciri khas Museum KA Ambarawa, tetapi juga adanya rel bergerigi antara Stasiun Jambu dan Stasiun Secang. Selain itu, Kawasan antara Ambarawa, Jambu, Bedono dan Tuntang tidak dapat dipungkiri memiliki keindahan alam yang tak ternilai indahnya menjadikan kawasan Museum KA Ambarawa ini layak untuk dijadikan tempat tujuan pariwisata dan edukasi mengenai sejarah perkeretaapian di Indonesia.

Berbekal dengan semangat melestarikan benda dan sejarah perkeretaapian Indonesia, maka revitalisasi terhadap Kawasan Museum Ambarawa dilakukan agar museum menjadi lebih baik, nyaman dan indah. Revitalisasi ini pun dilaksanakan secara bertahap, tidak sekedar tambah barang atau tambah bangunan, tetapi dilakukan dengan perencanaan matang seperti pemugaran bangunan stasiun dan dipo sesuai dengan aslinya, penambahan ruang terbuka publik dan fasilitas umum seperti toilet dan nursery serta penataan kawasan agar pengunjung museum merasakan manfaat dan pengalaman yang tak terlupakan. Revitalisasi Museum Ambarawa tidak hanya berupa fisik bangunan saja, tetapi materi museum pun dikembangkan dan ditata ulang agar pengunjung merasakan manfaat edutainment.

Revitalisasi Kawasan Museum Ambarawa mulai dilaksanakan pada bulan Juni 2014 sampai dengan Maret 2015. Revitalisasi ini meliputi Penataan wilayah Stasiun Bedono, Stasiun Tuntang, Stasiun Jambu serta penyempurnaan Kawasan Stasiun Ambarawa.

Progress Pekerjaan Revitalisasi Museum Ambarawa dapat terlihat pada foto berikut ini:

Museum Ambarawa di Malam Hari

Museum Ambarawa di Malam Hari

 

Stasiun Ambarawa

Stasiun Ambarawa

 

Salah satu sudut di Museum KA Ambarawa

Salah satu sudut di Museum KA Ambarawa