Pemugaran Stasiun Belawan

Sejarah Jalur Kereta Api Sumatera Utara

NV. Deli Spoorweg Maatschappij (DSM) adalah perusahaan kereta api milik swasta Belanda yang dibangun pada masa kolonial Hindia Belanda. DSM merupakan satu-satunya perusahaan kereta api swasta di Sumatera Utara (Atjeh Stoomtram  Staatspoorwegen (ASS) di Aceh, Staatspoorweg ter Sumatra’s Westkust (SSS) di Sumatera Barat dan Staatspoorweg in Zuid Sumatera (ZSS) yang dimiliki dan dikelola oleh Pemerintah Hindia Belanda.

Pembentukan DSM pada awalnya merupakan usulan Mr. Cremer, manager perusahaan perkebunan tembakau bernama Deli Maatschappij. Ia menyarankan kepada Pemerintah Hindia Belanda agar dibuka jalur kereta api untuk memudahkan pengangkutan hasil produksi. Pemerintah menanggapi saran tersebut dengan  memberikan konsensi kepada Deli Maatschappij untuk membangun jalan kereta api Belawan–Medan–Deli Tua–Timbang langkat (Binjai) pada 23 Januari 1883.4 Lima bulan kemudian Deli Maatschappij mengalihkan hak konsesinya kepada Deli Spoorweg Maatschappij–berkantor pusat di Medan–yang baru saja didirikan oleh perusahaan perkebunan tersebut. Pengalihan konsesi dimaksudkan agar Deli Maatschappij lebih fokus mengurusi perkebunan tembakau. Selama 50 tahun beroperasi, DSM telah mengeruk keuntungan besar, puncaknya pada tahun 1937 – 1939.

Pada masa pendudukan militer Jepang, DSM tidak dapat beroperasi karena dibekukan dan digabung dengan perusahaan-perusahaan kereta api lainnya di bawah Pemerintah Militer Jepang. Setelah berakhir masa Pemerintah Militer Jepang di Indonesia, DSM masih bertahan dalam menjalankan operasionalnya di tengah konflik perang. Tetapi dengan adanya pembatalan Konferensi Meja Bundar (KMB) secara sepihak oleh Indonesia pada 21 Februari 1956, DSM kemudian diambilalih oleh Pemerintah Indonesia pada 14 Desember 1957. Pada April 1963 pemerintah mengeluarkan peraturan baru mengenai perkeretaapian Indonesia, yaitu DSM harus dilikuidasi dan eks-perusahaannya digabung menjadi bagian dari PNKA Republik Indonesia Eksploitasi Sumatera Utara.

Item Pekerjaan Perbaikan Stasiun Belawan Meliputi:        

            
1. PERSIAPAN PEKERJAAN
a. Membongkar dinding, lantai lama dan kanopi
b. Membongkar dan menata ulang ruang PPKA
c. Angkut/buang bekas bongkaran keluar site
d. Pengadaan tanah dan tanaman untuk pot

2. PEKERJAAN PASANGAN
a. Pasang dinding bata tebal 15mm camp 1:4
b. Plesteran mortar
c. Acian Mortar

3. PEKERJAAN LANTAI
a. Menyisip lantai keramik uk 40×40 cm Kw 1/Klas A
b. Lantai Floor Beton cor t. 30 cm camp 1:2:3
c. Sisip lantai floor beton cor t. 10 cm camp 1:2:3

4. PEKERJAAN PINTU DAN JENDELA
a. Perbaikan pintu gudang

5. PEKERJAAN ATAP DAN PLAFOND
a. Pasang papan listplang kayu meranti
b. Pasang rangka plafond (1×1 m) kayu meranti
c. Pasang penutup plafond (1×1 m) asbes semen
d. Perbaikan atap kanopi dengan besi L700+pengelasan
e. Pasang penutup kanopi dengan sheet clean color bond
f. Menyisip rangka penutup atap seng
g. Menyisip penutup atap seng
h. Pasang talang datar seng bjls 28

6. PEKERJAAN SANITASI
a. Pipa PVC diameter 3” untuk saluran pembuangan pot

7. FINISHING
a. Kerok permukaan tembok lama
b. Pengecatan dinding tembok
c. Mengerok permukaan plafond lama
d. Pengecatan plafond
e. Kerok permukaan kayu lama
f. Pengecatan bidang kayu, kusen dan daun pintu & jendela
g. Kerok permukaan atap seng lama
h. Pengecatan atap seng
i. Pemberesan sisa pekerjaan dan pembuatan foto dokumentasi

ATAP BANGUNAN FASADE DEPAN 2 FASADE DEPAN 3 FASADE DEPAN LORONG PINTU MASUK PENGEROKAN TEMBOK LAMA PERON 2 PERON