Refungsi Kantor Bersama dan Aula Divre II Sumatera Barat

Saat ini kerusakan bangunan perkantoran, pagar dan balai yasa Divisi Regional 2 Sumatra Barat terjadi akibat dari gempa.

Dokumentasi Kerusakan Bangunan Pekantoran,Pagar dan Balai Yasa Sumatera Barat Pasca Gempapadang12

 

Kondisi Kantor Bersama Divre 2 Sumatera Barat Paska Gempa

padang2

 

 

Konsep Perbaikan

padang3

padang4

 

padang5

Konsep design bangunan kantor ini dirancang dengan mengoptimalkan dana yang tersedia dengan tetap mengutamakan aspek fungsi dan memperhatikan unsur estetika. Di samping itu, bangunan baru tetap mempertahankan beberapa gaya arsitektur heritage yang masih ada disekitarnya seperti pada stasiun dan kantor lain disekitarnya.

Design atap masih mengadopsi gaya arsitektur bagunan stasiun Padang yang merupakan icon perkantoran Divisi Regional 2 Sumatra Barat.
Rangkaian besi hollow menjadi besi hollow menjadi rangka atap sekaligus memberi aksen pada bangunan. Pemilihan besi hollow didasari atas tujuan mengurangi beban atap karena di daerah tersebut termasuk daerah rawan gempa. Dengan bahan atap yang tidak terlalu berat, dapat mengurangi resiko yang tidak diingikan jika terjadi gempa. Bagian dinding lobby tangga dikombinasikan dengan material rooster yang memberikan kesan semi transparent dan ringan. Mengoptimalkan ruang kosong pada bangunan dengan tanaman. Dengan adanya tanaman juga dapat menciptakan suasana yang asti nan sejuk sehingga orang nyaman untuk bekerja.

Desain Kantor Bersama Divre 2 Sumatera Barat

padang6

Progres Pembangunan Kembali Kantor Bersama Divre 2 Sumatera Barat

padang7

Kondisi Eksisting Aula Divre 2 Sumatera Barat

padang8

Desain Aula Divre 2 Sumatera Barat

padang9

Progres Pembangunan Kembali Aula Divre 2 Sumatera Barat

padang10