Perbaikan Bangunan Stasiun Sukabumi

Setelah melihat keberhasilan perusahaan kereta api swasta Nederlandsch Indische Spoorweg Maatscappij (NISM) membangun lintas batavia-bogor pada 1873, pemerintah kolonial meminta nism untuk melanjutkan pembangunan sampai ke wilayah priangan, bandung melalui sukabumi dan cianjur. Medan yang akan dipasang rel rupanya cukup sulit yaitu melalui hutan hujan di pegunungan jawa barat, diperkirakan akan menguras keuangan perusahaan.

Oleh karena itu NISM menyatakan tidak sanggup dan mengembalikan proposal proyek kepada pemerintah. Karena kesulitan tersebut, pemerintah menugaskan jawatan kereta api negara staatspoorwegen untuk mengerjakan lintas kereta api bogor-sukabumi-cianjur-bandung-cicalengka dengan lebar sepur 1067 mm. Proyek dimulai pada 1879 dan tahap pertama pembangunan bogor-sukabumi dapat diselesaikan pada 1882. Hal itu sekaligus menjadi peresmian stasiun sukabumi pada tahun yang sama.

Data Bangunan Stasiun Sukabumi

Fungsi : Melayani alur kereta api Bogor – Sukabumi – Cianjur
Didirikan oleh : Staats Spoorwegen (SS)
Tahun (jalur operasi) : 1873
Tahun (dibangun) : 1879 – 1882
Lokasi : Jalan Stasiun Barat No. 2 Citamiang,Sukabumi, Jawa Barat

Denah Stasiun Sukabumi

Denah Stasiun Sukabumi

Kondisi berbagai ruangan/tempat  Setelah Perbaikan

sukabumi perbaikan_ gmbr