Desain Pemugaran Stasiun Malang Kota Baru

cam 02-01

Stasiun Malang (Kode Stasiun : ML) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Klojen, Malang, Jawa Timur. Stasiun yang terletak pada ketinggian kira-kira 444 meter dari permukaan laut ini merupakan stasiun kereta api terbesar di Kota Malang dengan dua belas jalur aktif. Pada awalnya, bangunan Stasiun Malang berada di sisi timur bangunan yang sekarang. Sesuai rancangan awal, penumpang yang baru turun dari kereta api akan disuguhi pemandangan Gunung Panderman di sebelah barat.

Oleh karena bangunan stasiun ini dianggap tidak mampu lagi menampung jumlah penumpang yang terus meningkat, maka Stasiun Malang diperbaharui pada tahun 1941 oleh arsitek karya J. van der Eb. Bangunan baru ini terus dipakai hingga sekarang dan bangunan lama yang kini bersebelahan dengan Dipo Kereta dan Lokomotif Malang difungsikan sebagai kantor dan gudang untuk menyimpan alat-alat perawatan jalur kereta api.
Stasiun ini terkadang disebut sebagai Stasiun Malang Kotabaru untuk membedakannya dengan Stasiun Malang Kotalama yang usianya lebih tua.

cam 05-01