Menteri Pendidikan & Kebudayaan Belanda Kunjungi Lawang Sewu

Menteri Pendidikan & Kebudayaan Belanda Kunjungi Lawang Sewu

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kerajaan Belanda, Mrs. Jet Bussemaker dalam kunjungan kerja di Kota Semarang menyempatkan ke Gedung Lawang Sewu, (16/02/2017). Turut hadir menyambut Deputy EVP PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang (Tamsil Nurhamedy), Manager Preservation (Supriyono), dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang (Masdiana Safitri) beserta jajaran. Mrs. Jet Bussemaker beserta rombongan melihat langsung kemegahan dan eksotisme gedung Lawang Sewu yang merupakan salah satu bangunan buatan era Kolonial Belanda yang sampai saat ini masih dirawat oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero)

Mrs. Jet Bussemaker dan rombongan  melihat pameran pemugaran di lantai 1 gedung C EDMrs. Jet Bussemaker dan rombongan melihat pameran sejarah perkeretaapian Indonesia di Gedung C Lawang Sewu

Gedung Lawang Sewu dibangun sebagai Het Hoofdkantoor van de Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatsjcappij (NISM) atau kantor pusat perusahaan kereta api swasta NISM yang pertama kali membangun jalur kereta api di Indonesia, yang menghubungkan Semarang dengan Surakarta dan Yogyakarta. Jalur Semarang-Tanggung, Kabupaten Grobogan, adalah jalan kereta api pertama di Indonesia yang diresmikan pada 1867. Prof. Jacob F. Klinkhamer dan B. J Quendag dari Amsterdam ditunjuk oleh Direksi NIS di Denhaag sebagai arsitek perencanaan dan pembangunan gedung.

 Sambil berjalan ke lantai 2, Guide  dengan kostum Kolonial Belanda memberikan penjelasan tentang kaca  patri EDMrs. Jet Bussemaker dan rombongan mendapat penjelasan tentang kaca patri

Selama kunjungan di Gedung Lawang Sewu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kerajaan Belanda meninjau kaca patri yang terdapat berbagai macam ornamen yang melambangkan kemakmuran dan keindahan alam tanah Jawa beserta keragaman hayati, kekayaan flora dan fauna serta perpaduan seni budaya barat dan timur. Dilanjutkan dengan melihat pameran foto sejarah perkeretaapian Indonesia, video sejarah perkeretaapian Indonesia, diorama bangunan perkeretaapian Indonesia, persinyalan kuno perkeretaapian Indonesia dan diakhiri foto bersama dengan latar Gedung Lawang Sewu Semarang. Dalam kunjungan sekitar 40 menit tersebut, Jet Bussemaker mengapresiasi Pemerintah Kota Semarang dan juga khususnya PT. Kereta Api Indonesia (Persero) atas usaha yang telah dilakukan untuk menjaga Bangunan Cagar Budaya Lawang Sewu.