Pekan Arsitek 2016 Ramaikan Lawang Sewu

Pekan Arsitek 2016 Ramaikan Lawang Sewu

Ikatan Arsitek Indonesia menggelar Pekan Arsitek 2016 di Gedung Lawang Sewu Semarang. Kegiatan yang berlangsung tanggal 22 sampai dengan 26 November 2016 ini bertujuan untuk mempererat tali silahturahmi, memperluas wawasan, pengetahuan dan networking seluruh Arsitek dan IAI Jawa Tengah. Pekan Arsitek 2016 ini dihadiri oleh semua anggota IAI Daerah Jawa tengah, Mahasiswa Arsitektur dari beberapa Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta di Jawa Tengah, perwakilan dari Pemerintah seperti Dinas Cipta Karya Provinsi, LPJK Provinsi Jateng, serta Asosiasi Profesi dan Asosiasi Badan Usaha, REI, Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kota Semarang, dan Asosiasi lain yang bergerak di bidang jasa konstruksi. Rangkaian acara Pekan Arsitek ini diisi dengan berbagai kegiatan antara lain Pameran Karya yang menyajikan berbagai karya anggota IAI Jawa Tengah, HDII, IALI, IAP dan Mahasiswa Arsitektur dari berbagai Perguruan Tinggi di Jawa Tengah antara lain UNDIP, UNIKA, UPGRIS, UNPAN, UNTAG, UNNES, serta tak ketinggalan pameran karya produk building material. Dalam pameran karya pada  Pekan Arsitek 2016 berbagai inovasi karya desain infrastruktur kota, konstruksi, material, taman, jalan, ruang terbuka hijau, perumahan ditampilkan dengan apik. Selain pameran juga diisi dengan kegiatan Seminar, Student Award, IAI Awards, One Day Sertification, Workshop, IAI Arsisketchwalk, dan IAI Jazz.

08. Performance Tarian Bhayangkari pada acara pembukaan Pekan Arsitek 2016 edrPerformance Tarian Bhayangkari Pembukaan Pekan Arsitek 2016

22. IAI Jazz edrIAI Jazz

Program Arsitek Masuk Kampung

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) merupakan sebuah organisasi profesi terkemuka di Indonesia, dan saat ini menjadi salah satu organisasi Arsitek yang diakui Pemerintah dan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional sebagai tempat bernaungnya para ahli yang berkompeten dalam bidang arsitektur. Banyak pula kontribusi karya arsitek yang sudah ditorehkan oleh anggota IAI, yang dapat dinikmati masyarakat dalam bentuk pembangunan. Tetapi dalam hal berinteraksi dengar pendapat dengan masyarakat (publik hearing), organisasi ini memang terbilang masih minim oleh karena itu dalam rangka mewujudkan hubungan yang baik dan keterlibatan dalam proses pembangunan infrastruktur di Semarang, IAI akan bekerjasama dengan Pemerintah Kota membangun Kota Semarang. Hal ini akan direalisasikan melalui program Arsitek masuk kampung, yang nantinya di setiap kecamatan akan ditempatkan dua Arsitek. Arsitek ini akan dapat membantu setiap kecamatan dalam memantau desain pembangunan arsitektur. Dalam kerjasama ini baik Pemerintah maupun Arsitek sama – sama saling diuntungkan karena melalui program ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam memajukan wilayah dan mengangkat potensi unggul yang dimiliki setiap kecamatannya. Dari segi Arsitek, Arsitek tidak hanya mengimplementasikan ilmu dan keahlian yang dimiliki, program ini juga sekaligus sebagai wadah proses pematangan Arsitek. Kerjasama antara IAI dan Pemkot akan dituangkan dalam penandatangan MOU yang akan dilaksanakan di akhir acara Pekan Arsitek 2016 ini,yaitu pada tanggal  26 November 2016.

2 edrSuasana Seminar bertema Tantangan Dalam Menegakkan Kembali Puing Keraton Kasunanan Surakarta 

04 EDRPenyerahan Cinderamata dari IAI kepada Pembicara Seminar

Gelar Sketsa Kolosal 10 Bangunan Heritage

Pekan Arsitek 2016 ini juga dimeriahkan oleh Gelar Sketsa Kolosal 10 Bangunan Heritage di Semarang, dimana 10 anggota Komunitas Arsisketur secara bersama sama membuat sketsa 10 bangunan heritage di Semarang diatas kain kanvas sepanjang 10 meter. Bangunan yang menjadi obyek sketsa antara lain SMK Ibu Kartini, Klenteng Sam Poo Kong, Gereja Katedral Semarang, Masjid Layur Semarang, Gedung Lawang Sewu, Kantor Pos, Gedung PT Perkebunan XV Semarang, Gedung Marba, Gedung Spiegel, dan Gereja Blenduk. Karya fenomenal ini oleh IAI akan diserahkan kepada Unit Preservation and Museum PT. KAI (Persero) sebagai sarana untuk menambah pengetahuan para pengunjung museum akan bangunan heritage di Semarang.

05 edrGelar Sketsa Kolosal 10 Bangunan Heritage di Semarang

Kolase sketsa edrSketsa Peserta

32 edrPameran Karya Anggota IAI

34 edrStand Pemerintah Kabupaten Pemalang Menampilkan 3 Nominasi Sayembara Desain Masjid Agung Pemalang