Sekilas Profil Gedung Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah gedung bersejarah milik PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yang dulunya pernah digunakan sebagai Kantor Pusat perusahaan kereta api (trem) Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). Dikenal sebagai Lawang Sewu atau gedung seribu pintu, namun faktanya tidak sebanyak itu. Hanya karena memiliki banyak pintu, lorong dan jendela berukuran besar mirip pintu sehingga disebutlah sebagai Gedung Lawang Sewu.

 

festival-tari-kreasi-daerah- s

 

Antusiasme-Anak-anak-memainkan-permainan-tradisional-bakiak-842

Gedung Lawang Sewu dibangun secara bertahap di atas lahan seluas 18.232 m2. Bangunan utama dimulai pada 27 Februari 1904 dan selesai pada Juli 1907. Sedangkan bangunan tambahan dibangun sekitar tahun 1916 dan selesai tahun 1918. Sebagian bahan bangunan dipesan khusus dan didatangkan dari Eropa, kecuali batubata, batu alam dan kayu jati.

ls15 ed

Gedung yang didesain oleh arsitek Prof. Jacob K Klinkhamer dan BJ Oendaag dari Amsterdam ini terletak di bundaran Tugu Muda semarang yang dahulu disebut Wilhelmina Plein, atau persimpangan Bodjongweg (sekarang Jalan Pemuda). Persisnya Jalan Pemuda No. 160, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

parade-pengantin-1-edit

Gedung tua yang usianya sudah seabad lebih ini pernah menjadi lokasi pertempuran antara pemuda AMKA (Angkatan Muda Kereta Api) melawan Kempetai dan Kidobutai Jepang. Dikenal dengan Pertempuran Lima Hari karena berlangsung pada 14-19 Oktober 1945.

Bangunan utama Lawang Sewu memiliki tiga lantai dan dua sayap bangunan yang membentang ke bagian kanan dan kiri. Kini Lawang Sewu telah dipugar dan resmi dibuka kembali untuk umum sejak 5 Juli 2011. Buka setiap hari dari pukul 07.00 – 21.00 WIB.

2.Ibu Ella Ubaidi Deputy Director Unit Preservation & Architecture PT.KAI ketika menghadiri acara wedding Anin dan Adit  ok

Selain menjadi tempat wisata sejarah, Gedung Lawang Sewu juga dapat disewa untuk kegiatan Pameran, Ruang Pertemuan, Pemotretan, Shooting, Pesta Pernikahan, Festival, Bazar, Pentas Seni, Workshop, dll.

Harga Tiket Masuk Gedung Lawang Sewu

Dewasa & Mahasiswa : Rp10.000,- / orang

Anak-anak*) & Pelajar : Rp5.000,- / orang

*) > 3 tahun, Pelajar s.d SLTA

 

Informasi Penyewaan Gedung Lawang Sewu

Contact Person : Chikmatul Ulya (Spv. Lawang Sewu)

Jl. Pemuda No.160 Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Telp. (024) 3562661

Email: chikmatululya@kereta-api.co.id

lawangsewu.kai@kereta-api.co.id, lawangsewu.ptkai@gmail.com